Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u7012992/public_html/wp-includes/functions.php on line 5835
Hari Jadi Ke-23 Kabupaten Toba, Momentum Kebangkitan Bersama Masyarakat – Jurnal Aktual Indonesia

Home / LINTAS DAERAH

Kamis, 10 Maret 2022 - 02:39 WIB

Hari Jadi Ke-23 Kabupaten Toba, Momentum Kebangkitan Bersama Masyarakat

Toba-JAI,- Dengan berdirinya Kabupaten Toba pada 23 tahun yang lalu, patut kita mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada mereka pejuang dan pelopor berdirinya. Peringatan Hari Jadi ke-23 ,hari ini hendaknya dimaknai sebagai momentum bersama segenap elemen masyarakat Kabupaten Toba sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan dan percepatan pelayanan publik.

Demikian sambutan Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi yang diwakili Kaban Litbang Harianto Butarbutar pada Acara Syukuran Hari Jadi ke-23 Kabupaten Toba di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Rabu (9/3/2022).

Gubernur Sumut juga menyampaikan bahwa Kabupaten Toba memiliki karakteristik khususnya sebagai salah satu destinasi wisata nasional di kawasan Danau Toba yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

“Untuk itu kepada seluruh masyarakat dan stakeholder agar mendukung program pemerintah untuk pengembangan
Kabupaten Toba ini,” sebutnya.

Harianto Butarbutar yang juga pernah menjadi Penjabat Bupati Toba pada tahun 2020 ini juga meneruskan pesan Gubernur Sumut yaitu meminta Pemerintah Kabupaten Toba dan jajarannya agar mendorong masyarakat untuk vaksin ketiga (booster) serta memerangi hoaks tentang vaksin ini.

Sebagai tema perayaan hari jadi Kabupaten Toba tahun 2022 ini adalah Bersatu Membangun Toba Unggul dan Bersinar.

Adapun rangkaian acara diawali dengan Rapat Paripurna DPRD Toba . Dilanjutkan ibadah bersama, pemotongan kue dan tumpeng serta memberikan penghargaan berupa Ulos Batak kepada perwakilan para mantan Bupati Toba diakhiri dengan acara hiburan.

Bupati Poltak Sitorus dalam sambutannya mengajak memaknai perayaan hari jadi Kabupaten Toba ini sebagai momentum perubahan tatanan sosial ke arah yang lebih maju, sejahtera, dan berkeadilan, untuk pemulihan ekonomi Kabupaten Toba yang dampaknya bukan hanya untuk masyarakat Kabupaten Toba saja, tetapi juga bagi penduduk daerah di sekitar kawasan Danau Toba.

“Pada hakekatnya, pemerintah Kabupaten Toba mendorong partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan melalui musyawarah perencanaan pembangunan, pemberian bantuan usaha kepada pelaku UMKM. Pelatihan kepada masyarakat pelaku UMKM, ekonomi kreatif dan pariwisata serta peningkatan produktivitas produk unggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”sebutnya.

Tepat ketika Kabupaten ini merayakan hari jadi ke-23, di Kabupaten Toba per tanggal 8 Maret 2022 kemarin, sebanyak 3.358 orang telah tertular virus Covid-19 dimana 115 orang diantaranya meninggal dunia, dengan kasus aktif sebanyak 366 kasus.

BACA JUGA  DPRD Lubuklinggau Menerima Usulan Raperda Pemkot Lubuklinggau Rencana Pembangunan Kepariwisataan Tahun 2021-2036

“Meski berat dan melelahkan, bapak ,ibu, jangan sekali-kali kita berpikiran untuk mengendorkan apalagi menghambat upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19,”sebut Bupati Poltak Sitorus.

Ditambahkannya bahwa sekalipun dalam 2 tahun terakhir Covid-19 telah menghancurkan perekonomian secara global, namun dalam satu tahun terakhir cukup banyak capaian keberhasilan yang kita peroleh.

Dari sektor ekonomi makro, tingkat pengangguran terbuka berhasil kita tekan menjadi 0,83% dari yang sebelumnya 2,5%.
Laju pertumbuhan ekonomi sekalipun belum maksimal, namun sudah mulai berjalan positif sebesar 2,92% dari yang sebelumnya -(0,27)%.

Demikian pula dengan PDRB per kapita yang merangkak naik menjadi 39.600.000 dari sebelumnya 38.200.000.

Di sektor pembangunan manusia, indeks pembangunan manusia juga meningkat positif yang saat ini berada pada angka 75,39% dari sebelumnya 75,16%. Angka ini berada pada kategori tinggi dan merupakan IPM tertinggi ke tujuh di kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Angka harapan hidup tahun 2021 juga cukup tinggi, 70,29 tahun, berada diatas angka harapan hidup Provinsi Sumatera Utara 69,23 tahun. Begitu pula angka harapan lama sekolah berada diatas Provinsi Sumatera Utara yakni 13,46 tahun berbanding 13,27 tahun.

Dalam hal penanganan stunting pada tahun 2021, pemerintah Kabupaten Toba juga berhasil menekan angka prevelensi stunting dari tahun 2020 berjumlah 1.536 balita atau 27% dari jumlah balita tahun 2020 menjafi 999 balita atau 24% dari jumlah balita tahun 2021.

Pada sektor infrastruktur, di tahun 2021 ada 19.752 meter jalan yang ditingkatkan, sepanjang 4.462 meter jalan yang direkonstruksi dan 20,80 meter jembatan yang dibangun. Untuk mendukung pelayanan kesehatan di kawasan pariwisata, tahun lalu pemerintah Kabupaten Toba telah membangun gedung puskesmas yang baru untuk UPT. Puskesmas Ajibata dan peresmiannya baru saja dilaksanakan pada 8 maret 2022 kemarin.

Di sektor pemerintahan ,juga mendapat penghargaan dalam pelaksanaan inovasi perangkat daerah yakni, 10 besar lomba inovasi perangkat daerah provinsi sumatera tahun 2021  kategori perangkat daerah Kabupaten/Kota Provinsi Sumatra Utara.

BACA JUGA  Pemkab Musi Rawas Segera Lelang Jabatan 6 Esselon II dan Sekda

Kemudian juga menerima piagam penghargaan BKN Award 2021 kategori pemerintah Kabupaten tipe-B sebagai peringkat ke-II atas capaian dalam implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT, terbaru 2 minggu yang lalu juga menerima penghargaan dari komisi pemberantasan korupsi  (KPK) Sebagai Pemerintah Daerah Dengan Rasio Kenaikan Pajak Tertinggi Tahun 2021.

Sementara untuk sektor pariwisata belum tercapai secara maksimal. Kunjungan wisatawan pada tahun 2021 mengalami penurunan menjadi 201.335 orang dari sebelumnya pada tahun 2020 mencapai 217.729 orang. Namun hal ini dapat diterima karena selama 2021 Kabupaten Toba menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4. Hal ini menyebabkan destinasi tujuan wisata di Kabupaten Toba banyak yang dilarang beroperasi sehingga mengurangi peluang wisatawan untuk berkunjung.

“Berbagai capaian ini merupakan buah kerja keras dan kolaborasi aktif seluruh elemen Kabupaten Toba. Karenanya kami ucapkan terimakasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Toba, tanpa peran aktif masyarakat, tidak mungkin pencapaian tersebut dapat diraih,” sebut Bupati.

“Secara khusus saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Toba, rekan rekan Forkopimda dan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Toba atas sumbangsih nyatanya bagi pembangunan,”sambungnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh hadirin maupun warga yang berada di perantauan agar menginvestasikan uangnya di Kabupaten Toba.

” Karena hanya dengan investasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan dapat ditingkatkan, kami juga akan menyiapkan “karpet merah” kepada investor yang akan menanamkan modalnya di Kabupaten Toba,”sebut Bupati Poltak Sitorus mengakhiri sambutannya.

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Bupati/Wakil Bupati tetangga, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Toba, Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, dan Pimpinan BUMN dan Pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Toba, tokoh masyarakat,agama ,dan undangan lainnya.

Hasil amatan ,selama acara berlangsung tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.()

Share :

Baca Juga

LINTAS DAERAH

Data Pemilih Berkelanjutan Kota Serang Sebanyak 471.960

LINTAS DAERAH

Dinas Perkebunan Juga Bisa menghitung kerugian Pada Perkebunan sawit

LINTAS DAERAH

Wali Kota Lubuklinggau Kunker ke Kota Palangkaraya

LINTAS DAERAH

PEMKOT CIMAHI BERI PENGHARGAAN ATLET DAN PELATIH CIMAHI BERPRESTASI

ADVETORIAL

Buka Cabang Ke 30 Bank Sumsel Babel, Bupati Minta Kerjasama Tingkatkan Pembangunan di Musi Rawas

HUKUM & KRIMINAL

Sidang Arbitrase, Pihak Adira “Gigit Jari”, Tidak Miliki Hak Perlawanan dari Penggugat

LINTAS DAERAH

Lantik Pejabat Tinggi, Yasonna Ingatkan Akan Pentingnya Integritas dan Pelayan Publik

LINTAS DAERAH

Kapolres Toba Akbp Akala Fikta Jaya S.i.k M.H Tinjau Langsung Pelaksanaan Akselarasi Vaksin Serentak